14 Juni 2024

Arena Kalsel

Portal Berita Olahraga dan Kepemudaan Banua

Luar Biasa, Qariah Asal Amuntai Ini Juara MTQ Internasional

2 min read

HARUMKAN BANUA: Hj Nida Khairiyah meraih gelar juara III di ajang MTQ Internasional Antar Bangsa DMDI 2021 di Aceh, 12-15 Desember lalu.

Bagikan Berita

BANJARMASIN – Acungan jempol patut diberikan kepada Hj Nida Khairiyah. Qoriah asal Amuntai, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) itu sukses menyabet gelar juara III di ajang MTQ Internasional Antar Bangsa Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) 2021 di Aceh, 12-15 Desember lalu. Lomba tilawah Al Quran tersebut diikuti secara faktual oleh para qari dan qariah berbagai provinsi di Indonesia. Serta, diikuti secara virtual oleh para qari dan qariah dari Cina, Afrika Selatan, Thailand, Singapura, Filipina, dan Malaysia.

Ikhwan Fadhillah, selaku pendamping peserta asal Kalsel di ajang tersebut menuturkan prestasi ini dinilai menggembirakan. “Persaingan sangat sengit, pasalnya peserta dari daerah dan negara lain juga bagus-bagus. Untuk kategori qariah asal Kalsel menempati juara III di bawah qariah asal Sumut dan Aceh. Sementara, juara ke-IV dan V masing-masing diraih oleh qariah asal Jabar dan DKI Jakarta,” ujarnya.
 
Sayangnya, di kategori qari (laki-laki), Kalsel belum mendapatkan gelar. “Kamarudin asal Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) kalah bersaing dengan qari asal Sumut, Sulsel, Riau, Afrika Selatan, dan Thailand,” ujar pria yang juga Wakil Sekretaris Dewan Pengurus Daerah Badan Komunikasi Remaja Masjid Indonesia (DPD BKPRMI) Kalsel itu.
 
Keberangkatan duo qari dan qariah Kalsel ke ajang MTQ Internasional Antar Bangsa DMDI 2021 di Aceh tersebut mendapat dukungan penuh dari Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalsel. “Saya ucapkan selamat kepada Hj Nida Khairiyah yang sudah meraih peringkat ketiga di ajang tersebut. Kepada Kamarudin, saya mengucapkan terima kasih atas apresiasinya. Semoga ke depan qari dan qariah Banua bisa kembali berprestasi dan meraih juara di ajang MTQ internasional untuk mengharumkan nama Kalsel,” tandas Kadispora Kalsel, H Hermansyah.(lin)    

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *