16 Juni 2024

Arena Kalsel

Portal Berita Olahraga dan Kepemudaan Banua

Mengenal Komunitas Wong Edan Kuwi Bebas (WEKB) yang Lahir di Malam 1 Suro

2 min read

LINTAS GENERASI: Komunitas gowes Wong Edan Kuwi bebas (WEKB) berfoto bersama usai mengikuti agenda Gobar Kalsel 2022 di Aranio, Kabupaten Banjar, Ahad (5/6/2022).

Bagikan Berita

BANJARMASIN – Wong Edan Kuwi Bebas atau disingkat WEKB. Ini adalah nama sebuah komunitas olahraga bersepeda (gowes) di Kalsel yang terbentuk pada malam 1 Suro (1 Muharram), lima tahun silam. Walaupun bernama unik,  WEKB berkomitmen tak sekadar jadi komunitas gowes biasa.

Joe Marine, dedengkot WEKB menuturkan komunitas ini menyatukan semua orang dalam kegemaran yang sama, yakni olahraga bersepeda. “Awalnya kami hanya rgowes santai dan beberapa kali mengadakan gowes bersama ke berbagai wilayah di Kalsel, bahkan hingga ke luar Kalsel. Namun, sekarang kami mulai memprogramkan untuk mencetak prestasi. Saat ini WEKB memiliki 75 anggota yang tersebar di berbagai chapter di Kalsel hingga Kalteng,” sebut Joe, usai kegiatan Gobar 2022 yang digelar Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalsel di Aranio, Kabupaten Banjar, Ahad (5/6).

Joe menuturkan keinginan untuk mencetak prestasi tersebut semakin kencang dengan semakin seringnya gelaran kejuaraan sepeda di Kalsel. “Untuk itu, kami mulai mengarahkan anggota kami, terutama yang berusia muda dan masih punya potensi untuk dibina kea rah prestasi. Mereka kami motivasi dan didorong berkompetisi di ajang-ajang kejuaraan resmi maupun terbuka yang ada di Kalsel, maupun di level nasional,” paparnya.

Joe menceritakan pada ajang Gobar 2022, ada tiga anggota WEKB yang ikutan tanding di kategori race. “Kebetulan, di Gobar Kalsel ada kategori race, kami ikutkan tiga orang yang berusia muda, semoga bisa menang. Sementara, kami yang sudah berumur, ikutan di jalur fun saja,” sambungnya.

Selebihnya, WEKB berkomitmen mendukung gaya hidup sehat dengan berolahraga. Serta, turut mempromosikan kampanye Sport Tourism yang diprogramkan Pemprov Kalsel. “Kami akan rajin menggelar agenda gowes bareng ke sejumlah objek wisata alam di Kalsel. Sehingga, olahraganya dapat, promosi pariwisata Kalsel juga bisa disampaikan ke masyarakat,”tutupnya.(lin)

1 thought on “Mengenal Komunitas Wong Edan Kuwi Bebas (WEKB) yang Lahir di Malam 1 Suro

  1. Mantap WEKB “Wong Edan Kuwi Bebas” semoga selalu kompak, jalin silaturahmi, sehat selalu, salam 2 pedal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *