16 Juni 2024

Arena Kalsel

Portal Berita Olahraga dan Kepemudaan Banua

Tingkatkan Kualitas Pelatih Futsal

2 min read

TINGKATKAN KUALITAS: AFP Kalsel menggelar kursus pelatih futsal nasional 2018 di Banjarmasin, 3-6 September ini. Kegiatan ini didukung penuh oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalsel. 

Bagikan Berita

BANJARMASIN – Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Kalsel menggelar kursus pelatih futsal level nasional 2018 di Banjarmasin, 3-6 September ini. Setidaknya, ada 29 pelatih dari berbagai provinsi di Indonesia yang berpartisipasi dalam program kursus ini. Tujuan dari pelaksanaan kursus ini adalah untuk meningkatkan kualitas serta kapasitas pelatih futsal sebagaimana yang diprogramkan oleh Asosiasi Futsal Indonesia (AFI).

Sekretaris Umum AFP Kalsel, Nariansyah menjelaskan saat ini futsal merupakan cabang olahraga (cabor) yang digandrungi di Kalsel. Sehingga, gelaran kompetisi maupun kejuaraan futsal di Kalsel terbilang padat. “Banyaknya kompetisi dan kejuaraan inilah yang mendorong munculnya pemain futsal serta pelatih futsal. Sayangnya, tak semua tim dibesut oleh pelatih bersertifikat nasional resmi dari AFP atau AFI,” ungkap Nariansyah.

Proyeksi ke depan, para pelatih futsal yang memegang sertifikat nasional maka akan direkomendasikan untuk meraih sertifikat tingkat Asia dari AFC. “Saat ini, baru tiga orang pelatih futsal Kalsel yang mengantongi sertifikat dari AFC. Nah, ke depan, dimulai dari kursus ini, diharapkan akan semakin banyak lagi pelatih futsal Kalsel yang juga bisa mendapatkan sertifikat AFC,” harapnya.

Dalam kursus pelatih futsal nasional ini mendatangkan narasumber yang kompeten dibidangnya. Yakni, Efraim Ferdinand Bawole, Staf Wakil Ketua Bidang Pengembangan PSSI Pusat. “Saya terkesan dengan program dari AFP Kalsel yang menyelenggarakan kursus pelatih futsal tingkat nasional ini. Mudah-mudahan, program ini bisa diteladani oleh AFP provinsi lainnya,” ujarnya.

Di sisi lain, Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalsel, Yuyu Rahmad Mulyana menyatakan pihaknya mendukung penuh kegiatan ini. “Dispora Kalsel sangat menginginkan futsal Kalsel naik level dan makin berprestasi. Oleh karena itu, kami berharap kursus pelatih futsal ini bisa semakin meningkatkan kualitas pelatih futsal Kalsel,” tandasnya.(oza)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *